TIPS-TIPS MEMBUAT KARYA VIDEO

8:07 AM 0 Comments A+ a-

Buat sobat yang hobi nonton video-video di YouTube ataupun di semua sosmed, dan ngerasa pengen seperti mereka menjadi kreator video.
Tapi sobat masih belum bisa buat memulai nya dari mana?
Okeh siipp, kali ini saya akan memberikan motivasinya lewat tips-tips dari saya ini.
Emang saya ini siapa sih? Kok sok-sokan ngasih motivasi segala?

Hahaha..............
Saya ini anak muda biasa, bukan artis, bukan anak pejabat atau orang penting lain nya.
Saya ini cuma anak muda biasa, yang hobi bikin sebuah karya, dari apa yang saya punya.
Okeh, kalo sobat pengen ngelakuin tips-tips dari saya ya nggak apa-apa, syukurlah.
Tapi kalo sobat nggak mau ngelakuin, ya se-nggak nya sobat baca artikel ini sampai selesai dah.







Kebanyakan, siapapun juga yang ngerasa pengen menciptakan sebuah karya, tapi sulit untuk memulai.
Yang sering jadi alasan bukan dari kosong nya ide atau inspirasi yang akan di tampilkan lewat visual.
dan menurut saya semua orang pasti punya kelebihan atau kemampuan masing-masing dalam berpikir untuk menghasilkan sebuah hal yang menarik.
cuma masalah nya, terkadang yang bikin orang sulit untuk memulai itu, bukan dari apa yang dia nggak bisa, tapi dari apa yang dia nggak punya.
Okeh langsung saja ini adalah tips sederhana dari apa yang saya rasakan juga pas waktu pertama kali kepengen ciptain karya.



1Berani mencoba. 




Kalo kita cuma bisa nikmatin terus dari apa yang orang lain udah bikin.
itu rasanya kayak kita ini nggak bisa ngikutin perkembangan zaman.
awalnya juga saya ini cuma bisa seperti itu.
hobi nonton tapi nggak ada keinginan seperti apa yang udah di tonton itu.

padahal saya yakin setiap orang pasti pengen ngerasain gimana sih, kalo kita bisa ciptain sesuatu dan bisa bikin orang lain terhibur atau seenggaknya sekedar ngeliat hasil dari karya kita?
Nggak usah minder, nggak usah malu, nggak usah kebanyakan nunggu, langsung aja coba sobat bikin dari apa yang udah sobat bayangin matang-matang.
Walaupun setiap percobaan terkadang hasil nya cuma bisa bikin kita malu sendiri. tapi menurut saya, ketika pertama kali kita mencoba sesuatu, itu merupakan sebuah keberanian yang luar biasa.
Sobat nggak usah khawatir kalo ada yang meng-kritik tentang karya sobat.
Kritik itu udah biasa, nggak usah terlalu di ambil hati. Karna di setiap karya itu pasti selalu ada kritikan.
tapi disaat itu juga sobat harus pahami, kalo sobat di kritik, berarti sobat harus bikin orang yang meng-kritik sobat itu, menjadi pilihan pembuktian.
Sobat pahamai dari apa yang sobat kurang, dan selanjutnya cobalah untuk di perbaiki.

Saya ceritakan singkat dari pengalaman saya pas pertama bikin sebuah karya. Saya ini nggak pernah mikirin bagus atau nggak nya hasil karya saya ini.
kalo udah ngerasa pengen bikin, ya langsung bikin aja. untuk soal pandangan orang lain liat hasil karya saya, ya itu mah belakang aja.
Karena yang terpenting, saya ini udah bisa menghasilkan karya orisinil saya.
Ingat lho, nggak ada karya yang bagus dari apa yang pertama kali kita mulai mencoba.
Tapi karya yang bagus itu, adalah karya yang dihasilkan dari keaslian yang kita bikin sendiri.
Jadi kalo sobat masih bingung dan nggak percaya diri. mulailah sekarang dengan keyakinan karya asli dari sobat itu.



2Jangan kebanyakan alasan
   



"Ah gue kek nya pengen bikin video nanti aja kalo udah ada camera, laptop, microphone, dan alat-alat videografer lain nya"

kalo sobat cuma bisa kepengen bikin video tapi harus nungguin punya alat-alat lengkap seperti itu.
itu sama aja kek sobat yang masih di manja-manja sama orang tua nya.

Sobat punya Smartphone?
Tapi sobat nggak punya camera, laptop, dan alat-alat videgrafer lain nya.
Itu nggak bakalan jadi alasan yang tepat buat penghalang untuk bisa bikin karya video.

Coba liat deh sekarang di Instagram, Twitter, Facebook dan layanan lain yang menyediakan fitur video online kreator.
mereka kebanyakan mengabaikan dari apa yang mereka nggak punya.
mereka udah berani mencoba, udah berani pamer dengan apa yang mereka buat, walaupun nggak sepenuhnya di dukung dengan alat-alat yang bagus.
Tapi hasilnya, kebanyakan dari mereka itu bisa bersaing dengan kreator-kreator video yang menggunakan alat-alat profesional.
Bahkan bukan hal yang mustahil lagi kalo karya mereka lebih bagus dan menarik dari pada karya yang hanya mengandalkan peralatan-peralatan lengkap.
Nah mulai sekarang beranilah untuk memulai dengan peralatan dari apa yang udah sobat punya dulu.

Kalo sobat hanya cuma punya Smartphone, itu masih bisa buat di manfaatin jadi bahan peralatan dari karya yang mau sobat buat.
Smartphone jaman sekarang menurut saya udah cukup lumayan bagus lho buat bikin video. Mulai dari yang harga 3 juta sampai di bawah 2 juta.


Nah hasil dari camera nya juga cukup lumayan baik.
Jadi intinya balik lagi ke poin pertama.
Kalo sobat udah berani mencoba, nggak ada alasan lagi buat jadi penghalang sobat
berkarya.




3Mencari bahan ide video




Sebagus-bagusnya video Chandra liaw pasti tetap aja dari bahan ide sederhana.
Kalo kita sering ngerasa ada yang aneh atau di anggap ada yang lucu, dan menarik dari setiap kejadian-kejadian di sekitar kita. Kenapa nggak harus nyoba buat di jadiin bahan ide video.

misalnya, sobat punya temen yang baperan.
cobalah untuk abadikan lewat sebuah video ketika temen sobat terlihat baper dari aslinya.
mulai dari hal yang berkaitan dengan baper soal cewe, emosi, dan lain-lain.
Buat lah se-menarik mungkin, walaupun dari bahan ide sederhana.
dan jangan lupa untuk selalu tampil tenang, menarik, dan natural ketika sedang membuat video.
Anggap aja nggak ada cameraman yang lagi ngambil adegan pada saat syuting.



4Cobalah bikin video nggak harus ngapalin script


 


Saran ini, hanya berlaku kalo sobat hanya ingin membuat video pendek dengan durasi kurang lebih dari satu menit dan jenis video nya itu juga adegannya nggak kebanyakan ngomong.

Tentu, kalo sobat cuma bikin video hanya untuk di upload di Instagram. Nggak usah pusing mikirin soal script.

"Ah gue mah nggak bisa kalo script nya nggak ada".

"Ah gue mah nggak mau bikin kalo script nya belom jadi".

Memang sih, di setiap video yang bagus harus dengan penyampaian gerak suara yang baik juga.
tapi dari pengalaman saya, dari pertama saya bikin video dan sampai sekarang. Saya belum pernah sama sekali yang namanya bikin script.
Semuanya  dilakukan secara spontan. Karna dari apa video yang udah saya buat itu, memang terlihat sederhana dan hemat berkomunikasi.
Jadi saya juga belum pernah ngerasain bikin video dan harus menghafal script dulu.
Nah saran ini juga bukan berarti nyaranin sobat harus langsung bikin video. Kalo pengen bikin video dengan durasi kurang lebih dari satu menit, tapi harus tetap pakai script. ya nggak apa-apa, itung-itung aja belajar kek lagi mau syuting sinetron atau film kan.


5Mulai konsisten



kalo sobat udah berhasil membuat karya sendiri, cobalah sekedar untuk menikmati dulu atau melihat ulang dari semua apa yang udah sobat bikin.

Di point ini saya akan membahas tentang hal yang paling sulit untuk selalu di lakukan ketika siapapun juga yang udah berhasil menjalankan dari contoh poin-poin sebelumnya.

Disiplin tetap itu memang sulit, dan ini juga yang masih saya rasakan.
Konsisten pada satu tujuan itu memang terlihat mudah, tapi ternyata nggak sama sekali.

setiap tujuan pasti harus ada kerja keras.
sama seperti tujuan saya dan tentunya sobat juga yang pengen bikin video itu buat apa?
-buat cari uang
-buat bisa di kenal banyak orang
-atau hanya sekedar iseng-iseng doang

Hasil dari tujuan yang bagus yang pastinya adanya sikap konsisten dari diri kita sendiri.
kalo setiap tujuan cuma semangat di awal dan berhenti di tengah jalan.
itu sama seperti kita nggak percaya sama tujuan yang ingin kita capai.
orang-orang yang berhasil adalah orang-orang yang selalu dengan tetap menjalani rutinitas nya.
sama seperti tujuan dari apa yang mau kita hasilkan lewat sebuah karya video kita ini?

di point terakhir ini saya nggak akan membahas tentang tips-tips nya, dengan alasan saya juga masih belum berhasil untuk menjadi orang yang konsisten.
tapi di point ini saya ingin membuat kita ini harus bisa terus melakukan dari apa yang kita suka.

Saya suka nonton video, dan saya juga suka bikin video.
Sobat juga suka nonton video, dan sobat juga suka bikin video.
Permasalahan nya, apakah kita akan berhenti sampai hasil nya belum di rasakan sama sekali.
nah maka dari semua itu, setidaknya kita harus melakukan sesuatu terus-menerus yang berkaitan dengan karya.
Entah itu lewat tulisan, video, musik, dan lain-lain.

"Konsisten lah pada saat berkarya, sampai benar-benar nyaman menjalankan hal tersebut. Maka kita akan berhasil".

Nah itu dia tips-tips sederhana dari saya, yah walaupun masih ada satu tips yang masih harus saya lakukan juga. Tapi nggak apa-apa, kita anak muda lebih baik belajar membuat karya dari pada hanya terus-menerus menikmati karya orang lain.







Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat.
Dan jangan lupa follow Instagram saya @fajarudin.ajitama, mention aja nanti saya follback kok.